Cara Cepat Merontokkan dan Menumbuhkan Bulu Ayam

Cara Cepat Merontokkan dan Menumbuhkan Bulu Ayam - Hallo sahabat Pecinta Ayam Jago Bangkok, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Cepat Merontokkan dan Menumbuhkan Bulu Ayam, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Merawat Ayam Aduan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Cepat Merontokkan dan Menumbuhkan Bulu Ayam
link : Cara Cepat Merontokkan dan Menumbuhkan Bulu Ayam

Baca juga


Cara Cepat Merontokkan dan Menumbuhkan Bulu Ayam


Cara Cepat Merontokkan dan Menumbuhkan Bulu Ayam
Cara Cepat Merontokkan dan Menumbuhkan Bulu Ayam - Cara merontokkan dan menumbuhkan bulu ayam aduan merupakan trik yang banyak dilakukan para penghoby ayam khususnya penghoby ayam aduan. Karena dengan merontokkan bulu-bulu ayam tersebut maka ayam mempunyai penampilan yang berbeda baik tampangnya maupun kinerjanya. Ayam dengan bulu-bulu yang lebih sempurna akan mempunyai performa yang lebih bagus dibandingkan dengan ayam yang mempunyai bulu bulu yang rusak. ada dua alasan tujuan merontokkan bulu ayam yaitu merontokkan bulu bulu ayam yang sedang mabung atau dalam bahasa jawa disebut bodol dan juga merontokkan bulu ayam yang belum saatnya mabung dengan tujuan memperbaiki penampilan bahkan bisa juga merubah penampilan ayam seperti ayam muda. Cara cepat merontokkan bulu sangat penting bagi penggemar ayam aduan yang mempunyai bulu-bulu yang rusak parah akibat ayam sering diabar/diadu, karena dengan cara yang lebih cepat tersebut maka akan memudahkan perawatan dari ayam aduan tersebut akan lebih cepat tidak sampai berbulan-bulan bahkan mencapai 6bulan lebih.

Untuk bulu-bula ayam muda jika ada sayap yang rusak atau patah sebaiknya jangan dicabut karena hal itu akan memperlama proses pertumbuhan bulu karena bulu sayap akan tumbuh sekitar 3-4 bulan dan hal ini akan menggagu aktifitas ayam bahkan akan membuat ayam akan lama beristirahat karena biasanya sayap sayap yang lain akan rontok jika terlalu lama ayam beristirahat atau dalam masa menunggu tumbuhnya bulu dari cabutan tersebut. Untuk itu ada dua macam proses untuk mempercepat pertumbuhan bulu ayam.

Berikut cara cepat merontokkan dan menumbuhkan bulu-bulu ayam baik ayam sedang mabung atau ayam muda yaang rusak sayapnya/bulunya:

Sebelum melaksanakan proses perontokan dan penumbuhan bulu ayam tersebut perlu anda persiapkan terlebih dahulu yaitu: sebuah sangkar yang berdiameter kurang lebih 1m, terasi, ragi dan penumbuh bulu.

Setelah semua bahan-bahanya sudah siap, terlebih yang harus kita lakukan adalah proses perontokan bulu yang bisa anda simak sebagai berikut:

Proses Perontokan Bulu Ayam

Sebelum ayam dimasukkan dalam sangkar, mandikanlah ayam tersebut dengan ragi(bahan untuk fermentasi) sebagai syamponya/sabunnya kemudian masukkan ayam dalam sangkar yang anda persiapkan dengan cara dibasahi dulu tanah yang ada didalam sangkar tadi dan buat becekan sebasah mungkin untuk tempat ayam beristirahat, lebih bagus lagi jika ayam mau mandi ditempat yang becek itu. Kondisi seperti itu akan berguna untuk mempertua dan mempercepat proses perontokan bulu.

Setelah ayam tersebut dimasukkan dalam sangkar yang becek tersebut, jangan lupa ayam dikasih makan terasi(bahan makanan yang biasa digunakan untuk sambal). Makanan tersebut bertujuan menghangatkan tubuh ayam sehingga proses perontokan akan lebih cepat.

Setelah kedua tahap dilaksanakan, kemudian tutup sangkar tersebut dengan rapat, bisa menggunakan selimut atau dari bahan kain lainnya yang sekiranya bisa menghangatkan tubuh ayam dimalam dan siang hari. Jangan membuka tutup tersebut sebelum 7hari membuka tutup hanya untuk memberi makan saja.

Proses Penumbuhan Bulu Ayam

Setelah tahap perontokan diatas selesai, setelah 7hari segera tempatkan ayam tersebut dalam kandang yang terlindung dari sinar matahari dan diberi obat penumbuh bulu dan bukan perontok bulu biasanya saya memakai penumbuh bulu yang biasa digunakan orang untuk penumbuh bulu burung. Setelah semuanya selesai dilaksanakan, maka dalam waktu kurang lebih 1bulan bulu bulu ayam sudah rontok semuanya dan sudah mulai ganti bulu-bulu baru. Adapun proses penumbuhan bulu ayam tersebut bisa berjalan lebih cepat apabila ayam diberi nutrisi yang memadai.

Sekian dulu sajian tentang Cara Cepat Merontokkan dan Menumbuhkan Bulu Ayam, jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Ciri Ayam Pakhoy yang Bagus dan Asli.


Demikianlah Artikel Cara Cepat Merontokkan dan Menumbuhkan Bulu Ayam

Sekianlah artikel Cara Cepat Merontokkan dan Menumbuhkan Bulu Ayam kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Cepat Merontokkan dan Menumbuhkan Bulu Ayam dengan alamat link http://pecintaayamjagobangkok.blogspot.com/2015/05/cara-cepat-merontokkan-dan-menumbuhkan.html