Merawat dan Melatih Fisik Ayam Agar Tidak Cepat Lelah

Merawat dan Melatih Fisik Ayam Agar Tidak Cepat Lelah - Hallo sahabat Pecinta Ayam Jago Bangkok, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Merawat dan Melatih Fisik Ayam Agar Tidak Cepat Lelah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Merawat Ayam Aduan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Merawat dan Melatih Fisik Ayam Agar Tidak Cepat Lelah
link : Merawat dan Melatih Fisik Ayam Agar Tidak Cepat Lelah

Baca juga


Merawat dan Melatih Fisik Ayam Agar Tidak Cepat Lelah

Ayam cepat lelah, loyo, nafas pendek, cepat kehabisan tenaga dapat di atasi dengan cara latihan fisik dan rawatan yang benar. Dan berikut akan segera kami sajikan tentang rahasia merawat dan melatih fisik ayam aduan agar tidak cepat lelah. Ayam aduan yang cepat lelah, mudah kehabisan tenaga dalam bertarung merupakan kendala bagi penghobi ayam aduan, karena ayam yang di proyeksikan untuk menjuarai sebuah pertandingan tidak mampu mengeluarkan kemampuan yang di miliki secara optimal yang kemudian ayam akan mudah di taklukkan lawan.
Merawat dan Melatih Fisik Ayam Agar Tidak Cepat Lelah

Untuk melatih ayam aduan menjadi lebih kuat dan tidak cepat lelah, membutuhkan pelatihan dan rawatan khusus untuk ayam yang akan di lombakan atau di pertandingkan. Rawatan dan latihan bagi seekor ayam aduan merupakan dua kategori yang saling mengaitkan, karena suatu latihan tanpa di imbangi dengan rawatan tidak akan mencapai keberhasilan. Untuk merawat ayam aduan yang ingin di pertandingkan hendaknya di rawat dengan sebaik-baiknya, sedangkan jenis rawatan yang di perlukan harus sesuai dengan kebutuhan ayam dalam pertandingan dan hindarilah jenis latihan ayam yang tidak anda ketahui keuntungan dan kerugiannya karena dapat menyebabkan ayam akan mudah kelelahan atau dapat menyebabkan ayam anda menjadi kaku.

Latihan Ayam Aduan


Cara melatih fisik ayam aduan agar tidak cepat lelah adalah kunci kemenangan dalam pertandingan, karena sebagus bagusnya ayam aduan jika ayam tersebut loyo/cepat lelah maka akan menjadi bulan-bulanan ayam lawan. Oleh karena itu, melatih fisik ayam aduan agar tidak cepat lelah harus di lakukan apabila ayam kesayangan anda di harapkan untuk meraih kemenangan. Untuk cara melatih fisik ayam agar tidak cepat lelah dapat anda simak lebih jelas seperti di bawah ini.
Latihan ayam aduan hendaknya di imbangi dengan rawatan yang memadai agar ayam aduan kesayangan anda dapat mencapai keberhasilan dalam latihan. Keberhasilan dalam latihan ayam aduan akan di tandai dengan meningkatnya stamina dan tenaga ayam pada waktu uji tanding dengan ayam lain yang semula bertenaga hanya 2 airan akan bisa mencapai 5 aliran. Dalam pertandingan di arena, akan terlihat tenaga ayam aduan mengalami perbedaan yaitu; ada ayam yang mempunyai tenaga hanya 3 airan saja dan ada juga sampai mencapai 5 airan penuh ayam masih bertenaga full atau tidak ada perbedaan tenaga antara airan pertama sampai selesai karena tenaga ayam sewaktu bertarung akan di pengaruhi oleh rawatan yang baik dan latihan yang benar. Namun selain itu juga ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan ayam cepat lelah selain dari rawatan dan latihan tersebut.

Penyebab Ayam Cepat Lelah

Dalam pertarungan ayam akan terlihat kelelahan, pukulan menurun, nafas ngos-ngosan, kedua sayap turun dan jalan ayam menjadi leot karena disebabkan oleh beberapa hal di antaranya:

Rawatan dan pelatihan

Ayam aduan jika tidak mendapatkan perawatan dan latihan yang baik dan benar sudah barang tentu tidak akan mempunyai tenaga yang baik, yang akan terjadi adalah ayam akan cepat lelah.

Ayam sakit

Dalam pertandingan yang sedang berlangsung ayam yang sedang sakit akan mengalami penurunan stamina secara drastis, ayam yang sedang tidak fit ataupun sakit juga menjadi faktor ayam cepat lelah.

Ayam terluka parah

Di arena, ayam terluka adalah sesuatu hal yang biasa baik itu luka luar maupun dalam, apa lagi bagi ayam yang bertaji luka akan sulit di hindari namun apabila luka ayam telah mencapai keseriusan maka akan mengalami penurunan tenaga secara drastis. Adanya luka ayam yang parah dapat menjadi faktor ayam cepat lelah.

Otot

Otot berlemak juga merupakan salah satu penyebab dari cepatnya rasa lelah pada ayam, apabila otot leher dan badan kurang kuat maka tidak akan mampu menerima pukulan yang ahirnya pada ayam akan terlihat kelelahan.

Makanan dan obat-obatan

Pemberian makanan yang salah juga dapat menjadikan ayam lemah/cepat lelah, selain itu juga seringnya ayam di berikan obat-obatan juga dapat menjadi faktor melemahnya stamina ayam dan akan mengakibatkan ayam cepat lelah.

Adapun usaha untuk menghindari dari melemahnya tenaga ayam, sebagai penghobi ayam petarung hendaknya melakukan rawatan dan latihan yang baik agar ayam kesayangan tidak cepat lelah. Antara rawatan dan latihan di ibaratkan sebuah pohon di mana rawatan merupakan akarnya sedangkan latihan adalah batangnya, pohan akan dapat tumbuh berdiri apabila memiliki akar yang kuat serta batang yang kuat. Jadi, rawatan dan latihan ayam merupakan kesatuan yang sulit untuk di pisahkan karena dua-duanya saling mendukung dan saling di butuhkan.

Untuk mencetak ayam aduan yang kuat dan tangguh perlu adanya perawatan dan pelatihan khusus karena dalam pertarungan ayam akan membutuhkan tenaga yang besar untuk menyelesaikannya.

Cara merawatnya

Merawat ayam aduan bukanlah sesuatu yang sulit jika anda sudah mengetahuinya dan yang perlu di perhatikan adalah mengetahui keuntungan dan kerugian terhadap segala jenis perawatan tersebut, karena jenis rawatan di setiap penghobi ayam sedikit banyak mengalami perbedaan. adapun jenis perawatan ayam aduan secara umum adalah sebagai berikut:

1. Ayam aduan yang akan di gunakan khusus untuk pertandingan hendaknya di rawat mulai sejak kecil dengan cara di perhatikan jenis makanannya, jangan memberi pakan sembarangan kepada calon ayam petarung karena pertumbuhan yang kurang optimal akan menjadikan ayam kurang kuat, selengkapnya bisa anda baca tentang merawat ayam aduan.

Tentang merawat ayam

Cara Merawat Ayam Bangkok Versi Thailand
Cara Terbaik Merawat Ayam Bangkok


2. Setelah dewasa, ayam di rawat seperti biasa dengan cara di mandikan pada pagi hari dan di jemur namun dengan batasan-batasan tertentu jangan sampai ayam merasakan kepanasan yang berlebihan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang perawatannya silahkan baca tentang jenis rawatan lainnya yaitu cara memperkuat tenaga ayam aduan.

Ayam bangkok ataupun jenis ayam aduan lainnya seperti ayam saigon, ayam pakhoy, ayam makhoe dan ayam magon yang telah mendapatkan rawatan secara baik dan rutin secara otomatis akan mempunyai stamina dan tenaga yang baik pula. Namun jenis rawatan untuk ayam aduan birma ori, mempunyai jenis rawatan yang berbeda dengan ayam aduan lainnya karena ayam birma tidak memerlukan latihan fisik yang terlalu berat, untuk mengetahui selengkapnya tentang cara merawat ayam birma bisa anda baca tentang cara merawat ayam birma.

Selanjutnya..


Demikianlah Artikel Merawat dan Melatih Fisik Ayam Agar Tidak Cepat Lelah

Sekianlah artikel Merawat dan Melatih Fisik Ayam Agar Tidak Cepat Lelah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Merawat dan Melatih Fisik Ayam Agar Tidak Cepat Lelah dengan alamat link http://pecintaayamjagobangkok.blogspot.com/2016/08/merawat-dan-melatih-fisik-ayam-agar.html